THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

tulisan berjalan

Kamis, 15 Desember 2011

FANTASTIKPOP FESTIVAL 2011

Demam musik “Kpop” (baca: Korean Pop) sepertinya sedang mewabah skena musik Indonesia belakangan ini. Baru 2 pekan yang lalu, di tempat yang sama, Istora Senayan kembali menghadirkan pentas musik akbar Korea bertajuk “Jakarta FantastiKpop Festival 2011” pada 18 Juni 2011. Pemprakarsanya adalah promoter anyar BlackRock Entertainment yang menggiring 5 artis/grup Korea, yakni: 2AM, miss A, San E, Joo, dan Kim Hyung Joon –hampir seluruh artis bernaung di bawah satu manajemen, JYP Entertainment.
Menurut pengamat musik Bens Leo, promoter Indonesia dinilai agak terlambat memasukkan artis-artis Korea. Sebab genre Kpop ini sudah merebak sejak 2 tahun lalu. “Sebetulnya di Korea sendiri sejak 5 tahun yang lalu, mereka sudah mempersiapkan diri untuk menjadi pionir budaya pop (di Asia),” jelas Leo pada Jurnallica. Kompetitornya saat itu adalah Jepang. Hanya saja, musiknya cenderung nge-rock, maka muncullah istilah “J-Rock”. Sedang di Kpop, elemen-elemen yang menjadi magnet banyak orang adalah penggabungan antara fashion dengan musik, tentunya selain penampilan fisik yang menarik.
Roller coaster pertunjukan dimulai dari Joo pada jam 7 malam. Meski tampil solo dengan postur mungil nan menggemaskan, Joo mampu menyulut histeria ribuan penonton. Sayangnya, setlist Joo terlalu singkat dengan menyanyikan 4 lagu. Ukuran panggung pun terlalu lapang untuknya seorang diri. Apalagi seluruh artis tampil tanpa ben pengiring, jadi mirip seperti lipsync.
Selanjutnya, kumpulan pria tampan, 2AM langsung berjejer di atas panggung dan melantunkan ‘Can't Let You Go Even If I Die’. Banyak yang mengira boy band yang terdiri Jo Kwon, Changmin, Seulong, & Jinwoon ini adalah headliner acara. Dan lagi, para penggemar harus sedikit kecewa, karena performa 2AM di Jakarta minus Jinwoon yang sedang menyelesaikan album solonya. Sebelumnya, pada Maret 2011, Jakarta juga pernah kedatangan boy band Korea dengan nama yang hampir sama 2PM. Rupanya, baik 2AM ataupun 2PM adalah ‘reinkarnasi’ dari sebuah boy band ONE DAY yang memiliki 11 personil.

0 komentar: